iklan

Mempelajari Shortcut-Shortcut Blackberry

Bingung kali pertama menggunakan Blackberry ?? Sebagian bilang ya, sebagian lagi tidak.
Blackberry memang mempunyai OS yang belum familiar di Indonesia. Hal itu tak jarang menyebabkan pengguna sering nyasar ke menu-menu yang tak diinginkan. Membuat kerepotan sendiri terlebih harus melakukan sesuatu dengan blackberry dengan cepat.

Terasa lucu memang jika pengguna blackberry sering nyasar atau sama sekali tidak tahu fitur-fitur dari blackberry sendiri. Padahal konsep alat komunikasi dibuat untuk memudahkan bukan sebaliknya. Langsung saja ke topik 'Shortcut'. Pada dasarnya 'shortcut' pada blackberry dibawah ini merupakan shortcut yang akan paling banyak digunakan atau dibutuhkan, sesuai dengan konsep layanan blackberry.

Sebelumnya, perhatikan gambar dibawah ini agar anda bisa lebih mudah memahami. Shortcut-shortcut umum pada blackberry dibagi menjadi 4 fungsi utama, yaitu Fungsi Dasar, Fungsi Input Teks, Fungsi Pesan dan Fungsi System.



    Fungsi Dasar
  1. Memilih dua item atau lebih (blocking), berlaku pada teks, email, SMS ataupun file multimedia. Tekan tombol Caps, lalu geser trackball kearah item yang diinginkan. Fungsi ini juga berguna untuk menghapus atau melakukan copy-paste terhadap banyak file sekaligus.
  2. Berpindah dari satu menu ke menu lain (Multitasking). Tekan dan tahan tombol Alt sambil memilih menu yang akan dituju dengan menggunkan trackball, jika sudah ketemu menu yang dituju, lepaskan tombol Alt.
  3. Melakukan Restart. Tekan tombol Alt + Caps + Del (Backspace)

    Fungsi Input Teks
  1. Tekan spasi dua kali untuk memasukkan tanda titik (.).
  2. Tekan dan tahan tombol huruf yang akan dijadikan huruf besar (kapital).
  3. Tekan dan tahan tombol huruf sambil menggeser trackball kearah kanan atau kiri untuk memasukkan huruf spesial atau bentuk huruf turunannya.
  4. Caps Lock (huruf besar semua). Tekan tombol Alt + Caps (shift) kanan. Untuk menonaktifkannya, tekan tombol Alt
  5. Num Lock (angka semua). Tekan tombol alt + tombol Caps (shift) kiri. Untuk menonaktifkannya, cukup tekan tombol Alt.
  6. Mengubah bahasa input. Tekan tombol Alt + Enter. Kemudian pilih bahasa menggunakan trackball.
  7. Dalam penulisan alamat email (pada kolom input email) sedikit berbeda langkahnya. Tekan Space untuk memunculkan symbol @ kemudian diikuti layanan email dan tekan Space satu kali lagi untuk memunculkan tanda titik (.)

    Fungsi Pesan
    Digunakan saat membuka email atau SMS.
  1. Alt + i, membuka daftar email masuk dan Alt + o, membuka daftar email keluarnya.
  2. Alt + S, membuka daftar SMS. Alt + P, membuka log telepon. Alt + V, ,e,buka voice mail.
  3. Tekan hutuf T, untuk menampilkan halaman paling atas dari daftar pesan dan huruf B untuk halaman bawahnya.
  4. Tombol Space, untuk menuju halaman sebelumnya (pagedown) dan tombol Caps + Space untuk menuju halaman pesan berikutnya.
    Fungsi System
  1. Alt + Caps + H secara bersama-sama kan menampilkan fitur HELP.
  2. Tombol Alt kemudian LGLG untuk menampilkan Even Log
  3. Tekan tombol Alt kemudian NMLL untuk menampilkan status baterai
  4. Jika sudah ingin mengembalikan ke tampilan semula lakukan dengan cara yang sama


Waduh banyak ya...!! Ya lumayan, bisa pusing kepala. Lakukan saja secara perlahan dan mulai membiasakan menggunkannya. Perlahan-lahan nanti pasti hapal, tidak perlu teknik seperti mau ujian nasional ya...

Oia, shortcut-shortcut diatas adalah shortcut yang umum, khususnya untuk blackberry yang mempunyai keypad QWERTY. Kalau untuk yang layar sentuh seperti Blackberry 9500 Storm, menyusul ya. (Di oprek-oprek dulu).