iklan

Netbook Pertama Nokia Segera Hadir


setelah beberapa waktu lalu mengeluarkan pernyataan resmi untuk 'bertarung' pada industri PC, akhirnya melalui sebuah event Nokia Word 2009, nokia sebagai produsen ponsel terbesar merilis sebuah netbook yang diberi label BOOKLET 3G.
Yang paling menonjol dari netbook ini adalah ketahanan baterai yang diklaim mampu bertahan hingga 12 jam. Ketahanan baterai yang fantastis untuk sebuah netbook bila dibandingkan netbook-netbook yang sudah ada saat ini paling lama bertahan sekitar 3-5 jam. Dari sisi ini nampaknya nokia memang telah mengamati perkembangan industri ini sebelum benar-benar tejun kedalamnya. Berbekal pengalamannya pada industri handphone dalam manajemen power baterai, nokia mampu membuat sebuah alternatif atau mungkin teknologi yang lebih maju.


Jika tanpa satu terobosan, memang nokia bakal kesulitan untuk mendapat 'tempat' di hati pengguna komputer, mengingat sudah penuh sesaknya persaingan di industri ini. Industri handphone boleh nomor satu tapi industri komputer tunggu dulu... begitu kira-kira pernyataan seorang pengguna komputer yang kritis.

Ya memang tanpa satu terobosan, nokia pada industri komputer bukanlah apa-apa walaupun 'membonceng' nama besar nokia sekalipun. Pengguna komputer saat ini memang lebih pintar dalam memlilih. Namun dengan terobosan 'ketahanan baterai' mengindikasikan nokia berupaya serius untuk mendapatkan tempat. Tentunya ini harus diwaspadai oleh produsen komputer lainnya, bisa jadi ini merupakan 'pukulan balik' yang telak bagi produsen komputer yang saat ini ikut-ikutan 'menelurkan' produk handphone.

Kembali ke netbook BOOKLET 3G nokia, untuk produk komputer pertama ini, nokia mempersejatai netbooknya dengan prosesor Intel atom Z530 1,6 Ghz, RAM 1 GB, hard disk 120 GB, layar 10,1 inch. Dengan ketebalan 1,99 cm dan berat 1,25 kg, body yang terbuat dari alumunium, netbook ini dapat diposisikan sebagai netbook yang stylish dan cantik. Apalagi akan dirilis dengan tiga varian warna yaitu hitam, putih dan biru.

Dari sisi konetivitas pada netbook pertama nokia ini disematkan modem 3G (HSDPA), Wifi, Card reader dan Bluetooth. Ditambah dengan kamera 1,3 Megapixel. Netbook ini diperkirakan akan bisa didapatkan pada kuartal ke empat 2009 ini dengan perkiraan harga jualnya EUR 575 atau sekitar 8,3 juta.

Dari harga yang dilansir nokia, memang terlalu mahal jika dibandingkan dengan produk sejenis yang telah ada. Apalgi dengan harga itu kita bisa membeli netbook / notebook yang speksifikasinyya lebih tinggi. Nah sekarang tinggal kebijakan konsumen deh, namun untuk pencinta 'Nokia Branded', saya rasa harga tersebut tak masalah. Yang penting Nokia gitu loh...

Tapi jujur, kalau saya akan berpikir 2 kali mengingat dengan harga yang segitu saya dapat membeli laptop yang lebih 'Power Full'. Lah wong saya ga mau beli merek ko, tapi fitur dan fasilitas. Itu kalau saya loh, kalau anda mungkin mempunyai perbedaan pandangan dan pendapat.. Ya sudah silahkan saja komentar. Mudah-mudahan komentar anda bisa membuat saya atau pembaca lainnya mendapat informasi yang membangun.