iklan

Menggabungkan / Menyatukan File Film MKV Yang Terpisah

Cara menggabungkan atau menyatukan file film mkv yang terpisah ini sedikit berbeda dari cara menggabungkan File MKV kemarin. Jika pada postingan sebelumnya menggunakan software compress dan uncompress terbaik menurut saya yaitu 7ZIP (terbaik karena software itu gratis heheheee), tapi kali ini kita akan melakukan hal yang sama namun tidak menggunakan software. Emang bisa ?? Bisa donk..!! Yuk lanjut bacanya..

Langsung saja, inilah step-stepnya kalau Anda ingin menggabungkan video atau film anda baik hasil download sendiri atau membayar jasa download agar bisa di tonton, karena biasanya berformat MKV, maka dalam tips kali ini saya juga menggunakan file mkv. Mesti di ingat, tips kali ini adalah menggabungkan atau menyatukan file video mkv tanpa software, jadi tidak memerlukan software seperti tips sebelumnya.

  1. Anggap saja, kita ingin menggabungkan film Resident Evil yang berformat mkv dan terbagi menjadi 4 bagian seperti pada gambar dibawah ini.
    kumpulkan file mkv
  2. Maka step pertama adalah mengumpulkan file-file dalam satu folder.

  3. Buka notepad pada windows os anda. Lalu ketikan “copy /b *.?? ResidentEvil.mkv” tanpa tanda kutip. Perhatikan gambar yuk.
    notepad untuk mkv


  4. Simpan dengan nama apa saja(terserah), yang penting ekstensinya bat diawali dan diakhiri dengan dua tanda kutip. Dalam hal ini, saya memberi nama “joinkan.bat”. Lebih jelasnya lihat gambar.
    simpan
  5. Simpan file tersebut didalam folder file mkv yang tadi ingin digabungkan. Lalu tutup notepad yang masih terbuka tadi.

  6. Masuk ke folder tempat penyimpan file yang tadi kita buat, kalau step ke tiga sudah benar, maka akan ada file “joinkan”. Jalankan file tersebut dengan cara double klik.
    jalankan file batch untuk proses penggabungan file mkv
    command prompt untuk mkv
  7. Karena Command Prompt sudah keluar dan melakukan proses, yang artinya sampai disini cara menggabungkan/menyatukan file mkv ini sudah benar. Pada gambar, proses penyatuan baru selesai di file 003, jadi berisitirahatlah sambil nunggu selesai, ada baiknya minum kopi dulu bagi anda yang suka kopi. Tunggulah sampai jendela cmd atau command prompt ini tertutup dengan sendirinya.

  8. Sudah tertutupkah CMDnya?? Kalau sudah, mari kita lihat ke dalam folder target yaitu folder dimana file-file mkv yang tadi. Jika semua langkah atau step dilakukan dengan benar maka anda akan melihat sebuah file video yang siap anda tonton. Di cara ini, sudah ada film ResidentEvil yang siap di tonton. Lihat kebawah (ke gambar maksudnya…hehehehe bukan bawah yang lain)
    file mkv sudah bersatu
  9. Tarraaaaa… Film mkv sudah siap dieksekusi di media player. Dan Tamat
Uppss… Hampir lupa..Ada beberapa catatan penting saat melakukan step-step diatas, yaitu pengetikan perintah pada notepad jangan sampai salah, terutama pada spasi spasinya. Jadi perhatikan gambar notepad diatas dengan teliti yah.

Atau kalau tidak mau ambil resiko, Anda bisa membaca artikel ini dalam format PDF yang bisa di download disini. Selain lebih praktis, dalam file download juga disertakan file “joinkan” versi saya. Dengan file itu, anda tidak perlu ketak-ketik di notepad. Anda tinggal copy lalu paste ke dalam folder file mkv anda, dan langsung saja double klik supaya film favorit anda bisa segera anda tonton.

Semoga bermanfaat…

18 comments

Unknown delete Jumat, 12 Juli, 2013

matur thank kyu bro... sukses

Unknown delete Jumat, 02 Agustus, 2013

makasiihhhhh

HARID delete Jumat, 02 Agustus, 2013

Sama-sama.. Semoga tidak ada kendala yah.

Unknown delete Sabtu, 03 Agustus, 2013

gan,numpang tanya ya :D
ane dah lakuin petunjuk agan yg di blog,dan pas ane coba klik kiri dua kali,ga ada kejadian apapun gan,kira2 ane salah dimana ya?
nama filenya "Hnmovies.Com_T3xasCha1nsaw13br72.mkv"
bisa diterangkan cara mengketiknya di jawaban agan??
maklum masi newbie kalo yg beginian gan hehe :3

HARID delete Minggu, 04 Agustus, 2013

@ivan = Semua filenya dijadikan satu folder mas, lalu buat file untuk eksekusinya. Pada quote saya diatas saya sudah memberikan solusi untuk kesalahan dalam pengetikan file eksekusinya. Jadi mas iva tinggal copy saja file eksekusi yang sudah saya buatkan, lalu pastekan kedalam folder film kepunyaan mas. Selanjutnya tinggal eksekusi saja.
Atau mas bisa juga dengan menggunakan software, silahkan baca tutorialnya di Menggabungkan MKV dengan Software. Tenang saja, softwarenya gratis kok.
Semoga terselesaikan troublenya ya mas. Terima kasih sudah berkunjung.

Unknown delete Sabtu, 17 Agustus, 2013

kalau mau digabungin sama subtitlenya gimana ya?mohon bantuannya...
thenks gan

nata freeyork delete Sabtu, 31 Agustus, 2013

bos klo videonya yg terpisah ada yg gk mau kebuka atau gk bisa di jalan kan cannot rainder the file itu knp ya??

HARID delete Rabu, 04 September, 2013

@Nata : Kemungkinan filenya rusak, coba download ulang saja khusus file tersebut. Semoga selesai masalahnya.

Rafik Hasbi delete Selasa, 03 Desember, 2013

wih, akhirnya stress gw terobati, makasih banyak sob. smoga Allah membalas kebaikan saudara.

enNamgil delete Minggu, 26 Januari, 2014

masyaallah,syukron ya postingannnnn bener seperti apa masRafik bilang STRESS SAYAH TEROBATIIIIII...
setelah jd newbi dlm donlotmendolot movie, akhirnya solusi terpecahkan,,,,
"padahal sayah jurusan informatika" hahahaha ga kepikiran
syukron ya udh share ilmunya mas....
Jazakalloh

Unknown delete Selasa, 08 Juli, 2014

windows 7 boleh cara kayak gitu???

Unknown delete Senin, 14 Juli, 2014

Wah, Terimakasih Mas Haryono. Saya seharian cari cari cara bagaimana bisa rampung, eh akhirnya ketemu juga. Thanks untuk postingannya, bagus dan bermanfaat untuk sesama. Selain ramah caranya juga gampang, THX :D :D

Anonim delete Selasa, 16 September, 2014

udah saya coba, tapi kok setelah saya simpan noteoad nya dan saya buka dgkn klik 2 kali , layar hitam nya hanya muncul sedetik lalu hilang
itu Bgaimana ya

Anonim delete Rabu, 24 September, 2014

@anonim script nya salah kurang 0, jadi begini harusnya....copy /b *.0??

muhammad irnanda delete Kamis, 23 Oktober, 2014

itu gimana gen??
step yang ke 2 gambar dan tulisannya kok beda??
mohon di luruskan

Unknown delete Minggu, 28 Desember, 2014

Sangat membantu bintang ***** buat agan ini ^_^

Admin MY delete Selasa, 17 Februari, 2015

thank you gan .....
sangat membantu....

Unknown delete Minggu, 22 Februari, 2015

betul, terimakasih mas