iklan

Tips Cara Merubah Resolusi Layar Di Windows 8

Masalah pada windows 8 ?? Ternyata Windows 8 yang belum lama diluncurkan microsoft ini menjadi Operating System yang membutuhkan banyak penyesuaian pemakainya. Nah, dalam postingan kali ini saya coba berbagi hal mengenai "Bagaimana menaikan resolusi layar pada windows 8 ?"

Tentunya ada sebabnya kenapa kita harus menaikan resolusi layar pada windows 8. Hal ini disebabkan karena aplikasi pada windows 8 hanya berjalan pada resolusi layar minimal 1024 x 768. Ketika Windows 8 di install pada netbook yang resolusinya 1024 x 600 maka dapat dipastikan windows 8 tidak akan berjalan maksimal karena netbook tidak mampu memenuhi standar minimal resolusi windows 8. Jadi sebetulnya, judul postingan kali ini bisa juga diartikan dengan Menaikan resolusi 1024 x 600 menjadi 1024 x 768 atau lebih
Baik, langsung saja kita mulai. Tidak perlu senjata yang aneh - aneh untuk bisa melakukan hal ini dan langkahnya juga sederhana.
Inilah langkah - langkah yang perlu Anda lakukan untuk merubah resolusi layar pada windows 8 :

  1. Buka Registry Editor, caranya tekan Tombol Start Windows + R untuk menampilkan Running Task, lalu ketikan "regedit" (tanpa tanda kutip, perhatikan gambar dibawah ini)

  2. Registry Editor akan terbuka, lalu cari Display1_DownScalingSupported. Untuk memudahkan pencarian gunakan ctrl+F lalu ketikan "Display1_DownScalingSupported" (tanpa tanda kutip). Perhatikan Gambar berikut.

  3. Setelah ketemu, double klik untuk membukanya, perhatikan gambar berikut

  4. Jendela baru akan terbuka, rubah nilai standarnya yaitu 0 menjadi 1. Lihat Gambar

  5. Setelah dirubah, lalu tutuplah Registry Editor, kemudian Restart netbook Anda
  6. Setelah netbook kembali on, klik kanan pada desktop, dan pilih lah Screen Resolution. Perhatikan gambar

  7. Kalau langkah yang Anda lakukan benar, maka akan ada pilihan resolusi baru. Perhatikan gambar dibawah

  8. Pilih resolusi lalu tekan OK. Saran saya pilihlah ke resolusi standar minimal saja yaitu 1024 x 768, agar tampilan netbook Anda tidak terlihat aneh.
Itulah langkah-langkah merubah resolusi layar pada windows 8. Jangan sampai salah langkah kalau Anda tidak ingin melihat tampilan netbook Anda malah tidak karuan
Supaya hal-hal yang tidak diinginkan terjadi karena kesalahan langkah-langkah merubah resolusi layar windows 8 kali ini, maka saya membuat tutorial ini dalam bentuk PDF, yang bisa Anda gunakan untuk memandu Anda. Anda dapat mendownloadnya disini
Semoga Bermanfaat !!