iklan

Handphone China Serbu Luar Jakarta (Tips 1)

Setelah membanjiri Jakarta, giliran wilayah luar lain yang akan "dihujani" handphone China. Ini ditandai oleh pembukaan Showroom maupun Service Center di sejumlah wilayah. Tentunya ini sangatlah penting untuk para vendor yang "serius" menggarap lahan ini. Anda yang berdomisili diluar Jakarta, nampaknya anda harus bersiap - siap "digoda" oleh fitur - fitur yang ditawarkan. Handphone China ini memang sangat pandai "menggoda" untuk dimiliki.
Ada baiknya anda simak artikel ini sebelum memutuskan "pindah kelain hati", Karena selain beberapa kelebihan yang ditawarkan ada beberapa kelemahan yang patut anda perhitungkan.

Dengan sangat banyaknya merek dan tipe handphone China ini, tentunya sangat membingungkan bagi mereka yang ingin mencoba memiliki. Karena telah banyak diketemukan sejumlah kasus, entah dari sisi software maupun hardware. Apalagi perbedaan spesifikasi yang tertera dengan kemampuan real menjadikan seperti anda "membeli kucing dalam karung".

Pada umumnya kelebihan - kelebihan handphone China adalah harga yang sangat murah dengan segudang fitur "unggulan" yang dapat atau tidak dapat ditemui pada handphone lainnya. Seperti fitur TV analog, saat ini anda tidak akan menemuinya pada handphone seperti Nokia, Samsung dan handphone ternama lainnya. Mungkin baru TV digital yang akan anda temui pada seri handphone ternama tersebut, itu pun belum bisa digunakan di negara ini. Hal ini dikarena pemerintah masih belum "melirik" lahan ini.

Fitur yang paling banyak ditemui pada handphone keluaran China atau Tiongkok adalah :
  • LCD Touchscreen
  • Camera Digital
  • Media Player (Sound dan video Player)
  • Radio
  • TV Analog
  • Dual Mode GSM-CDMA / GSM-GSM(dual / triple Sim Card)
  • Bluetooth
  • GPRS
  • Java
  • WAP Browser
  • dll


Ada juga fitur "Shake Control", dimana kita bisa mengganti lagu yang sedang diputar hanya dengan menggoyangkan handphone. Terkadang fitur tersebut berfungsi juga untuk merubah tampilan video player atau TV analog, dari horisontal ke vertikal tergantung arah "goyangan" anda.

Ada lagi fitur "Black List dan SMS List". Seperti namanya, fitur ini mampu memblokir panggilan atau SMS dari nomor yang telah ditentukan sebelumnya. Bayangkan jika anda harus menolak (me-reject) panggilan dengan cara manual, tentunya terkesan kasar. Nah dengan fitur ini, mampu melakukannya secara halus.

Berbeda lagi dengan fitur "Mobile Tracker". Fitur ini mampu mengirimkan SMS secara diam-diam ke nomor yang telah anda tentukan sendiri. Tentunya hal ini berguna jika handphone anda hilang, maka anda dapat mengetahui nomor yang digunakan pada handphone anda. Setelah itu, TERSERAH ANDA !! Anda pasti akan terus mengetahui nomor baru yang digunakan pada handphone anda sampai fitur ini dinon aktifkan.
Pada handphone China tertentu menyematkan fitur-fitur ini dengan nama yang berbeda-beda namun kegunaanya kurang lebih sama saja.

Dari beberapa kelebihan yang diusung handphone-handphone China, ada satu fitur yang tidak akan anda temui pada handphone China manapun. Fitur ini adalah fitur "3G / HSDPA". Jadi jangan berharap untuk melakukan video call dengan handpone China. Memang ada beberapa seri yang menyematkan dual camera. Namun itu hanyalah tambahan saja, sama sekali tak dapat melakukan video call.

Memang pemerintah China melarang produksi handphone berfitur 3G, ini terkait pengembangan teknologi yang pemerintah China yang diklaim mampu menyaingi 3G. Kedepan pemerintah China menginginkan teknologi ini dapat digunakan diseluruh dunia.
Dibeberapa kasus, sering timbulnya "LOW POWER" pada handphone -handphone China menjadi "momok" menakutkan bagi mereka calon pengguna. Untuk mengantisipasi hal ini, pada standar paket pembelian handphone akan ditemukan dua buah batere. Memang sejumlah fitur seperti Touchscreen, TV analog, Media Player merupakan fitur yang "boros" energi.

Menurut perkiraan saya, ini juga disebabkan manajemen power yang belum maksimal. Namun ke depan bukan tidak mungkin hal ini dapat diatasi. Kabar lain menyebutkan, beberapa vendor handphone China yang "serius" akan merilis handphone ber-operating system. Anda yang terbiasa handphone Symbian, Windows Mobile pastinya akan mendapatkan handphone ber-OS dengan harga yang murah.

Berikut beberapa hal yang perlu anda ketahui, jika berniat "pindah ke lain hati" ke handphone China :
  • Pastikan handphone yang akan anda beli telah mempunyai Service Center di kota anda. Selain membuktikan keseriusan, anda tidak akan kebingungan kalau-kalau handphone yang anda beli mengalami masalah
  • Ada baiknya melakukan testing pada saat membeli dan perhatikan fitur yang tertera pada kemasan paket pembelian. Apakah sesuai atau tidak ?, karena diketemukan juga perbedaan antara yang fitur tertera pada kemasan dengan kemampuan sebenarnya. Hal ini banyak terjadi pada fitur kamera yang tidak sesuai dengan resolusi yang ditawarkan. Jangan sampai anda membeli handphone dengan kamera megapixel namun hanya mendapatkan handphone dengan kamera VGA
  • Untuk anda yang menyukai browsing internet via handphone, pasti tak lupa fitur GPRS. Dikebanyakan handphone dual mode (GSM-CDMA) tak mampu mengakses internet untuk kedua kartu. Pastikan fitur ini berfungsi menggunakan kartu pilihan anda
  • Untuk handphone yang mempunya fitur"boros energi", pastikan kapasitas batere melebihi 1000 mhA, kalau tidak, pastinya anda akan sering-sering isi ulang batere. Hal ini akan lebih terasa jika handphone telah digunakan lebih dari dua bulan
  • Untuk melihat spesifikasi lengkap untuk handphone idaman anda, silahkan lihat website resminya. Untuk melihat alamatnya bisa anda klik disini. Beberapa vendor masih belum me-maksimalkan websitenya, ini terbuktikan dengan lamanya perbaikan website maupun update yang lambat.


Dengan hadirnya handphone China, tentunya ada imbas yang mungkin untuk sebagian orang adalah anugerah. Terlebih harga-harga handphone mulai mengalami penyesuaian akibat "sebuan" handphone China. Kita berharap saja, akan lebih banyak lagi handphone "branded" dengan harga murah namun dengan fitur yang kaya.