iklan

Membaca Ebook di Handphone

Pembaca ebook (ebook reader) pada handphone saat ini banyak bermasalah lantaran tidak kompatibelnya format ebook yang dipunya. Namun kini tidak diperlukan handphone canggih untuk dapat melakukan hal ini. Cukup handphone yang mempunyai fitur java saja. Karena handphone branded keluaran sekarang hampir semua telah mempunyai fitur java ini. Mulai dari kelas Low-End, Middle sampai High End telah 'disuntikan' fitur ini. Dan artikel ini akan membeberkan bagaimana membaca Ebook menggunakan sebuah handphone.

Pada dasarnya proses untuk membaca Ebook dengan handphone kali ini adalah proses merubah Ebook menjadi format yang mampu dikenali dan di install pada handphone java. Seperti aplikasi-aplikasi java lainnya format file tersebut adalah file dengan ekstensi .jar.
Lalu bagaimana caranya ?
Sebuah software bernama TequilaCat mampu mengkonversi Ebook menjadi format java (.jar). Mekanismenya, TequilaCat diinstall pada komputer dan file hasil konversi TequilaCat diinstall pada handphone.
Secara singkat, langkah-langkah melakukan konversi adalah sebagai berikut :
  • Karena aplikasi TequilaCat tidak masuk pada registry komputer, maka lakukan 'double klik' pada file 'shell.exe' untuk menjalankan aplikasi ini.
  • Pada jendela aplikasi tersedia pilihan handphone. Hampir semua jenis handphone berfitur java telah didukung aplikasi ini, jadi pilih handphone yang sesuai dengan handphone yang anda ingin gunakan untuk membaca Ebook. Atau jika memang belum tersedia pilihan yang sesuai, anda bisa mengacu pada besaran resolusi pixel. Biasanya 128 x 128, 128 x 160, 240 x 340, dll.Contohnya jika menggunakan handphone china yang resolusi layarnya 128 x 128 pixel. Ada kemungkinan handphone tersebut tidak ada dalam list pilihan. Solusinya, pilih dalam list handphone yang mempunyai resolusi layar sama dengan handphone yang anda gunakan.
  • Setelah menentukan pilihan, kemudian klik pada 'Configure Books' > 'Add book'

    (Pilih Ebook yang ingin dikonvert)
  • Setelah ebook ditambahkan, jangan lupa untuk mencentang pada 'show whole text'.
    Jika hal ini tidak dilakukan maka file hasil konversi akan dibatasi sekitar 2000 karakter.Pada menu 'Configure Books' ini juga terdapat opsi 'merge book' yang berguna untuk menyatukan dua ebook yang berbeda. Ada juga opsi lain yang bisa anda gunakan.
  • Kemudian lakukan pengaturan jenis dan warna huruf.
    Untuk melakukan hal ini, klik pada 'fonts dan colors'. Hal ini penting dilakukan untuk menyempurnakan hasil konversi agar lebih sempurna seperti aslinya.
  • Selanjutnya klik 'Settings' pada bar menu. pilih 'save options'.
    Hal ini dilakukan untuk melakukan penyimpanan pengaturan yang telah anda buat, jadi anda tidak perlu melakukan pengaturan kembali jika ingin menggunakan aplikasi ini kembali.
  • Klik 'books' pada tool bar menu > build. Atau bisa dengan menekan tuts F9 pada keyboard maupun mengklik icon dipojok kanan bawah aplikasi.
  • Tunggu beberapa saat, maka selesai sudah proses mengkonversi ebook agar bisa dibaca di handphone.
Secara 'default', hasil konversi akan tersimpan di folder dimana file sumber berada. Silahkan cek apakah sudah terlihat file hasil konversi anda ? Atau jika anda bingung, lihat saja keterangan yang ada dipojok kiri bawah.

Rata-rata besarnya file hasil konversi sekitar 50 kb, jadi masih tetap aman untuk diinstall pada handphone tanpa memory eksterenal sekalipun.
Gunakan konektifitas yang didukung handphone anda untuk melakukan transfer file hasil konversi dari komputer ke handphone anda. Bisa dengan bluetooth, infra red ataupun kabel data. Untuk handphone yang mempunyai memory eksternal bisa juga menggunakan card reader.

File hasil konversi akan terinstall secara otomatis ketika diterima handphone anda seperti layaknya sebuah aplikasi ataupun game. Tersedia beberapa pilihan pengaturan yang dapat anda gunakan untuk membantu anda mempermudah membaca. Caranya dengan menekan bagian tengah joystik. Mengggulung tampilan secara otomatis (autoscroll), pencarian kata (search), dan pencahayaan adalah beberapa pengaturan yang diusung aplikasi ini, tentunya dapat anda gunakan sesuai dengan keinginan anda.

Karena ebook ini sudah berubah format menjadi aplikasi java, maka anda dapat dengan mudah meng'uninstall' nya jika sudah tidak diperlukan.

Masih banyak pengaturan/opsi yang dapat anda gunakan untuk menyesuaikan ebook agar sesuai keinginan anda. Langkah-langkah diatas telah menghasilkan output (ebook.jar) yang sudah layak baca (sudah bagus) karena langkah diatas adalah langkah yang utama yang harus dilakukan. Jika ingin lebih memaksimalkan, silahkan saja berkreatifitas. Selamat mencoba dan selamat menularkan 'budaya baca' ke orang lain.

DOWNLOAD TEQUILACAT


8 comments

Abi delete Kamis, 10 September, 2009

Makasih banget infonya kang Haryono dan linknya sudah saya add di blogroll, jika belum muncul don't worry itu karena plugin WP-Cache belum terupdate, nanti jg akan muncul, salam kenal dan makasih sudah ajakin saya tukeran link

Artha delete Kamis, 10 September, 2009

asik juga nih ya aplikasinya, bang ada aplikasi semacam word/excel untuk nokia 7610 clasic?

Linknya sudah saya pasang di http://artha.web.id/link-sobat dan terima kasih telah bersedia tukar link dengan saya

Fine delete Kamis, 10 September, 2009

@ Abi = iya kang Abi..Lam kenal juga
@ Artha = Thx, saya pernah install aplikasi semacam itu pada nokia 3660. Kalo 7610 supernova walaupun bukan basis Symbian tapi rasanya bisa karena waktu itu saya gunakan aplikasi berbasis java. Nanti saya kabari lagi..
@ Reza = Hati2 mas jadi kutu handphone bukannya kutu buku, kan lihatin handphone terus..he..he

Fatmasnow delete Kamis, 07 Januari, 2010

Keren tutorialnya. . .biza saya coba ni. . .lg trend ebook soalnya

Http://fatma-snow.blogspot.com

Fine delete Jumat, 08 Januari, 2010

@ fatmaa = thanks dah mo mampir mba.. silahkan di coba aja lumayan dari pada iseng mending baca buku.

putera jingga delete Minggu, 31 Januari, 2010

Mo nanya, saya bli hp TV cina namanya HASE GC300B, diluarnegeri namanya CAI XING GC300B. Kata providernya bisa baca ebook. Tapi sudah saya coba macem-2 jenis ebook dari doc,pdf,shs,pdb,prc,pdg,htm,html,chm, pokoknya banyak sampai saya gak bisa ngetik satu-satu disini, sampai .txt juga ga bisa. mungkin ada yang bisa bantu saya, gimana caranya bisa baca di ponsel seperti ini? Terimakasih. Saya Putera dari Banjarmasin.

Fine delete Selasa, 09 Februari, 2010

@ putera jingga = Sayang handphone yang Anda maksud tidak support java. Jadi agak sulit untuk menerapkan beberapa aplikasinya. Nanti saya coba bantu cari solusinya atau cari format yang sesuai karena saya pernah install ebook yang bukan format yang anda sebutkan.

Anonim delete Senin, 30 Agustus, 2010

mr bho saya koq g bisa y buka file dengan ekstensi .prc padahal dah ada plugin nya
thanks