iklan

Takut Data Anda Dicuri, Di Password Saja !!

Kalau bicara file pribadi, tentunya anda tak ingin file tersebut jatuh ketangan orang lain. Jangankan untuk di copy, sekedar untuk dilihat saja terkadang kita enggan memperlihatkannya. Wajar memang jika setiap orang mempunyai rahasia masing-masing yang tak ingin rahasianya diketahui orang lain. Selain terlalu banyak resiko yang harus diterima terkadang juga privasi jadi taruhannya.Ya udah, langsung pada topik utama. Yaitu memproteksi data-data anda dengan cara menyematkan password agar siapapun yang ingin membuka file yang sudah terproteksi harus memasukan password yang benar.


Untuk artikel ini saya pilihan saya jatuh kepada 'Kruptos 2.0'. Kelebihan yang ditawarkan Kruptos adalah kemampuannya memproteksi baik berupa file maupun folder yang ukurannya tidak dibatasi. Software ini merupakan utiliti pengenkripsi file 128-bit yang ampuh namun sangat mudah digunakan oleh orang awam sekalipun.

File atau folder yang mampu diproteksi tidak hanya yang ada di PC, tetapi juga USB Flash Disk maupun hardisk external.

Software ini menyediakan fungsi-fungsi seperti encrypt, decrypt, add files, add folder, remove file from project dan remove folder from peroject. Kelebihan yang paling saya suka dari software ini adalah ketika kita sudah menambahkan file/folder yang akan kita proteksi, kemudian jendela password akan keluar dan meminta kita memasukan password. Nah, disana ada sebuah Hint yang dapat anda gunakan mengisi sebuah pernyataan terkait password anda. Tentunya ini berguna untuk mengingatkan password anda jika terlupa.

Pada jendela tersebut juga terdapat pengaturan atribut file, terdapat 2 pilihan pengaturan, yaitu :
  • Process read-only files
  • Jika kita memberikan centang pada pilihan ini maka file yang nanti terbuka akan bersifat hanya terbaca (read only), namun jika ingin mempu melakukan perubahan pada file tersebut maka jangan berikan centang pada opsi ini.
  • Process hidden files
  • Penyentangan pilihan ini mengakibatkan file disembunyikan.


Kedu pilihan (optional) ini akan ditawarkan jika kita mengenkripsi file dengan langkah 'pada menu bar' klik project > encrypt.
Jika hanya dengan mengklik kanan file maka dua pilihan (optional) tersebut tidak akan ada.

Nama file yang berhasil diproteksi dengan sempurna akan berganti menjadi sederetan huruf tak teratur dan ikonnya pun berubah menjadi ikon 'kunci gembok' yang merupakan logo dari Kruptos. Tentunya hal ini sangat berguna untuk mengelabui orang-orang yang tidak berkepentingan membuka file tersebut.

Anda juga dapat dengan mudah untuk tidak lagi memproteksi file yang telah diproteksi dengan cara masuk ke aplikasi dan melakukan decryt atau remove from project. Atau anda juga bisa melakukannya dengan cara klik kanan file yang terproteksi.

Download Kruptos

OS Req : Windows XP/Vista/7