iklan

Internet Murah Dengan Modem HSDPA 3G

Setelah beberapa waktu Mr Bho bergelut mesra dengan om google menggunakan kata kunci "jual modem HSDPA / 3,5G", akhirnya kesampaian juga menjajal kemampuan jaringan 3,5G di Indonesia.

Pilihan jatuh pada Modem HSDPA (3,5G) dengan merek HUawei tipe E1550. Selain karena murah, modem ini juga unlock alias bebas menggunakan jaringan GSM apa saja. Lagi-lagi karena faktor harga, Mr Bho coba kartu Three.
Berdasarkan sumber di website nya three mempunyai paket-paket seperti dibawah ini :

  • Paket 500 MB harga Rp 25.000 / bulan
  • Paket 1 GB harga Rp 35.000 / bulan
  • Paket 2 GB harga Rp 50.000 / bulan
  • Paket 5 GB harga 99.000 / bulan

Paket diatas belum termasuk ppn, apa pun paketnya kecepatan di klaim tetap sama yaitu pada 1,8 Mbps. Sayang sekali dengan jaringan three kita harus banyak bersabar, sebab koneksinya terbilang lemot, bahkan untuk daerah Mr Bho yaitu Tangerang indikator sinyal hanya pada jaringan EDGE, itu pun hanya dapat 1-3 bar sinyal. Sebagai acuan, Mr Bho gunakan aplikasi Skype, benar -benar jauh dari promosi. Apa BTS 3G three masih kurang banyak ya, karena sinyal 3G sama sekali tak didapat ?

Akhirnya MR Bho putuskan mengganti dengan kartu telkomsel. Hasilnya tak jauh berbeda dengan Three, bahkan indikator sinyal hanya berkutat pada jaringan GPRS saja. Sama-sama lemot euy..

Kembali Mr Bho mengganti kartu dengan Indosat. Kali ini jatuh pada IM3. Namun sebelum membeli pulsa untuk keperluan koneksi internet, Mr Bho test jaringan yang ditangkap dengan kartu IM3. Hasilnya "perfect", jaringan HSDPA / WCDMA alias 3,5G tertangkap bagus dengan indikator sinyal full.

Untuk berinternet dengan IM3, Mr Bho coba dengan voucher khusus internet yang dibeli dengan harga Rp 7.000. Dengan masa aktif 5 hari dengan limit pemakaian berdasarkan waktu yaitu Rp 10 / 30 detik. Dengan voucher seharga Rp 7.000 ini kira-kira dapat 4 jam-an.

Walau kecepatan diklaim hanya 256 Kbps, aplikasi skype berjalan dengan sangat baik. Melakukan telepon sama sekali tidak ada masalah,tidak seperti Three dan Telkomsel. Untuk Anda yang ingin mencoba silahkan setting modem Anda sebagai berikut setelah pulsa internet Anda berhasil masuk.

APN = indosatgprs

User Name = indosat@durasi

Password = indosat@durasi

Itu pengalaman saya pribadi, pengalaman Anda mungkin berbeda, untuk itu silahkan share lewat kotak komentar agar pembaca lain bisa pandai memilah.