iklan

Segera Hadir Mobile Internet Device (MID)

Ingat Nokia N800 ? Gadget yang diproduksi khusus untuk internet mobile atau Nokia menyebut produksinya ini dengan sebutan internet tablet. Mungkin saatnya sekarang teknologi sejenis akan terus dikembangkan. Hanya saja bukan Nokia yang melirik pasar ini. Memang ada kabar bahwa Nokia akan segera terjun ke bisnis Personal Computer (PC). Adalah MID (Mobile Internet Device) yang merupakan teknologi pengembangan internet tablet. Dalam beberapa versi, MID didefinisikan sebagai komputer bergerak yang lebih besar dari smartphone tetapi lebih kecil dari netbook. Fungsi utamanya adalah internet nirkabel, jadi sebuah MID harus dilengkapi koneksi internet berkecepatan tinggi, minimal 3G.

Salah satu produsen yang paling agresif untuk memproduksi MID adalah produsen handphone terbesar ketiga dunia LG Electronics Inc. Bekerja sama dengan Intel Corp, LG optimis mampu merajai segmen ini. Dipasaran saat ini telah banyak beredar MID, beberapa diantaranya adalah BenQ S6, Clarion, Yukyung Viliv S5, Lenove Ideapad U8, dan Compal Jax10.

Jadi LG bukanlah produsen pertama yang merilis MID. Namun dengan platform yang dibangun Intel Crop, LG akan menjadi produsen pertama yang akan menggunakan Moorestown pada MID-nya. Moorestown adalah platform terbaru MID keluaran Intel yang terdiri dari prosesor Atom dengan berbagai tingkatan kecepatan mulai dari 800 MHz; 1,1GHz; 1,3 GHz; 1,6 GHz hingga 1,8 Ghz dan Intel Langwell untuk teknologi nirkabelnya. Sedangkan untuk Sistem Operasi, LG akan menggunakan software Moblin v2.0 yang dibangun berbasis Linux. Paduan antara Moorestown dan Moblin v2.0 akan memiliki kinerja dan kompabilitas yang tinggi untuk sebuah MID. Untuk koneksi 3G, LG menggandeng LM Ericsson (bukan Sony Ericsson). MID keluaran LG ini diperkirakan akan menyerbu pasar pada tahun 2010.

Kerjasama LG dengan LM Ericsson sudah dimulai sejak pertengahan tahun 2008, saat itu LM ericsson menanam modul 3G pada notebook dan netbook keluaran LG. Kerjasama tersebut menghasilkan sebuah netbook bernama LG-X120 yang diperkenalkan pada pekan lalu. Netbook ini berbobot 1,2 kg dengan spesifikasi yang sama dengan beberapa netbook pada umumnya. Hanya saja netbook LG-X120 selain dilengkapi dengan teknologi 3G, juga dilengkapi sebuah teknologi unik bernama Smart On. Teknologi ini memungkinkan pengguna LG-X120 mampu menghidupkan fasilitas internet dalam waktu lima detik. Selain fasilitas internet, fasilitas hiburan pun dapat dihidupkan menggunakan teknologi Smart On ini. Terlihat dari teknologi tersebut tersirat bahwa LG mulai mengincar pasar mobile internet. Dan MID-lah yang akan merealisasikan keinginan LG tersebut. Sayang saat artikel ini saya tulis, netbook LG-X120 belum masuk pasar Indonesia. Penasaran nih jadinya!!!

3 comments

-::: R-AdHa :::- delete Selasa, 14 April, 2009

berkunjung bawa berita, yg mau domain dot com gratis 1 tahun, silahkan klik di www.rizaladha.com ,waktunya terbatas loh :)

Paman Gober Ikut Pemilu 2009 delete Selasa, 14 April, 2009

Wah kapan nyampe Indonesia yach?

Mr Bho delete Selasa, 14 April, 2009

Indonesia serba telat, tapi lumayan peluncuran Nokia 9500 pertama kali ada di Indonesia. Coba Baca DAHSYATNYA BLACKBERRY, bingung mau sedih apa seneng..