iklan

DownloadLaguIndonesia.Net

Setelah beberapa waktu lalu melakukan penjelajahan di internet, saya temui begitu banyak website-website yang menyediakan download. Baik download gratis sampai yang mengenakan tarif tertentu. Mulai dari musik, video, permainan, gambar dan lain sebagainya.
Jadi teringat sewaktu sekolah dahulu, dimana saya masih aktif dalam suatu kegiatan bermain musik (istilahnya jadi anak band-red). Kesenangan bermain musik membuat saya lupa akan banyak hal, mulai dari lupa makan, lupa mengerjakan tugas sekolah sampai lupa mandi terkadang menjadi hal yang biasa saya laukukan.

Jika dibandingkan jaman sekarang dengan sewaktu sekolah dulu, sanagatlah kontras sekali keadaanya. Kalau dahulu jika ingin bertukar satu judul lagu maka saya harus lakukan adalah dengan memberikan satu buah kaset (karena memang saat itu kaset sedang mengalami masa keemasan, dimana semua jenis lagu selain radio hanya bisa didengarkan melalui kaset dan tape sebagai media playernya).
Mungkin anda masih ingat, bahwa dalam satu buah kaset biasanya terdiri dari 10 sampai 12 lagu. Begitu rumitnya hanya karena ingin mereferensikan satu buah lagu saja sampai harus memberi satu buah kaset.

Tapi sekarang jaman telah berubah, masa keemasan kaset telah pudar digantikan CD atau DVD. Hebatnya satu buah CD saja dapat menyimpan lebih dari 50 buah judul lagu berformat MP3. Ya format inilah yang sedang banyak digunakan saat ini, bahkan sekarang fitur MP3 Player merupakan satu hal wajib yang harus disematkan sebuah handphone.

Selain kesederhanaan format ini, MP3 juga lebih mudah didistribusikan, jadi lebih mudah mendapatkannya. Media yang dapat memainkan format ini pun semakin banyak, mulai dari komputer, handphone, CD/DVD player bahkan ada player yang memang dikhususkan memainkan format lagu ini seperti Media Player Portabel.

Tidak seperti kaset, jika ingin mereferensikan sebuah judul lagu, kita tinggal mengirimnya via internet atau memberikan link download untuk mengunduhnya via internet. Bahkan pencarian judul lagu via internet begitu mudah karena masyarakat diseluruh dunia juga mengenal dan memanfaatkan format lagu ini. Tidak perlu repot kemana-mana dan pastinya tak perlu mahal.

Kegiatan seperti ini sudah sangat lumrah dilakukan saat ini. Begitu mudahnya untuk mendengarkan lagu kesayangan kita tak perlu kemana-mana. Apa lagi teknologi handphone saat ini memungkinkan mengunduhnya langsung via handphone dan kita langsung dapat menyimpannya dalam memori internal atau memori eksternal dari sebuah handphone. Faktor inilah yang menjadi faktor kesuksesan dari format lagu ini.