iklan

Belajar ngeBlog

Blog itu apa sih ?? Mungkin pertanyaan itu sering anda dengar terutama dari mereka yang belum mengetahui makna dan fungsi blog tapi saya yakin banyak diantara pembaca yang sudah paham bahkan mahir dalam mendefinisikan blog. Memang, blog sebetulnya hanya merupakan sebuah bentuk website, yang juga dapat dilihat dengan menggunakan web browser. Awalnya blog diperkirakan hanya akan menjadi tren, namun akhirnya berkembang menjadi sebuah budaya tersendiri di kalangan pengguna internet. Dari anak muda sampai orang tua senang menulis berbagai catatan ke dalam blog.


Selain banyak yang bersifat gratis, umumnya operasional blog cukup mudah. Anda tidak perlu membuat desain website sendiri karena semuanya telah disediakan oleh penyedia layanan. Pengguna terbanyak blog yang bersifat gratis pada umumnya menggunakan BLOGSPOT, MULTIPLY, BLOG FRIENDSTER. Kemampuan blog menjembatani komunikasi antara pemilik dan pengunjung bahkan pengunjung dapat memberikan komentar balik, sangggahan atau pun lainnya membuat blog menjadi semakin populer.

Lewat artikel ini sedikit kita bahas bagaimana cara mempunyai blog di BLOGSPOT. Karena sudah banyak sekali blog - blog yang secara khusus membahas fitur dan semua peernak - perniknya. Selain fitur yang lengkap, alasan lain adalah dengan BLOGSPOT akan membuat anda merasa dimudahkan dalam pengelolaan informasi didalamnya.

Untuk mempunyai sebuah blog di BLOGSPOT, anda harus mendaftar di alamat web http://www.blogger.com. Sebagai informasi BLOGSPOT merupakan bagian dari GOOGLE, jadi anda bisa mendaftar dengan menggunakan account google seperti gmail. Walaupun bukan suatu keharusan mendaftar blog di BLOGSPOT dengan menggunakan gmail. Tapi yang pasti anda diharuskan mempunyai account email.

Setelah anda berada di halaman BLOGSPOT, ada 3 langkah mudah yang harus anda lakukan untuk memiliki account blog. Tampilannya akan seperti gambar dibawah ini :




Kliklah pada bagian,Buat account saya. Kemudian anda akan dibawa ke halaman pengisian formulir pendaftaran yang berhubungan dangan account baru. Isilah formulir pendaftaran sesuai dengan lengkap. Setelah lengkap, klik pada bagian berikutnya dipojok kanan bawah.

Kemudian anda sampai pada halaman Nama BLOG, setelah mengisi judul dan alamat blog anda, klik berikutnya dan anda akan sampai ke halaman pemilihan template, anda bisa langsung meng-klik berikutnya (karen template nanti bisa kita rubah sesuai selera. Setelah klik berikutnya anda dibawa ke halaman selesai yang menyatakan bahwa pendaftaran anda telah sukses. Dan sekarang anda telah mempunyai blog, dengan alamat alamat_yang_anda_masukan.blogspot.com. Mudah bukan !!!