iklan

Hari Blogger Nasional, Mari Kita Sambut

Hasil penulusuran di SE Google hingga juli 2009 ditemukan 278.000 halaman dan 232.000 tautan blog. Atas dasar itulah tercetus Hari Blogger Nasional yang akan resmi dicetuskan pada tanggal 27 oktober tahun 2009. Acara ini didukung juga oleh DepKominfo dan Kedubes Amerika Serikat. Dan guna menyambut acara tersebut pesta blogger ketiga pun digelar pada tanggal 24 oktober tahun ini.

Pesta blogger tahun ini mengangkat tema "One Spirit One Nation" yaitu semangat kebersamaan yang akan merangkul seluruh entitas komunitas blogger dalam sebuah ide besar tentang keragaman yang berbungkus semangat persahabatan. Semangat diharapkan juga membawa harapan baru negeri ini melalui budaya blog.
Pesta ini dipastikan akan menjadi event besar karena diprakasai bubu.com dan mendapat dukungan penuh dari DepKominfo beserta Kedubes Amerika Serikat.Seperti tradisi Pesta blogger sebelumnya, pesta ini ditujukan sebagai forum alternatif bagi para blogger di Indonesia untuk bertatap muka langsung, bertukar informasi, memicu diskusi serta memperluas jaringan.

Pengguna internet di Indonesia saat ini telah mencapai lebih dari 30 juta pengguna dan Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang paling banyak digunakan pada urutan ketiga di Wordpress. Kedubes Amerika Cameron Hume mengungkapkan dukungannya kepada blogger Indonesia. Menurutnya, blogger Indonesia memiliki berbagai macam informasi tentang negara ini. Tidak hanya itu, blog juga dapat digunakan sebagai media modern untuk bertukar informasi dengan siapa pun dan dimana pun.
"presiden Obama pengguna media modern. Dan ini sangat efektif untuk mendekatkan diri dengan masyarakat luar. Harapannya siapa pun penggguna blog baik itu melalui Facebook, bisa mendapatkan feedback yang baik", ujarnya.

Lain lagi yang di katakan Chairman Pesta Blogger pertam Enda Nasution. " Teman - teman di dunia blogging ini masih mendiskusikan masalah kode etik. Agak sulit karena blogging ini bikan sebuah asosiasi. Kami ini komunitas cair. Mungkin nantinya akan ada lembaga adokasi untuk teman - teman di dunia maya. Paling tidak, ada panduan mengenai apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dilakukan oleh para blogger.
Hal senada juga di ungkapkan Dirjen Aplikasi Telematika Cahyana Jayadi." Pengguna IT harus mengetahui haknya. Jangan sampai blogger menjadi pengguna IT yang tanpa hak. Makanya harus ada kode etik untuk para blogger Indonesia. Agar mereka juga mengetahui hak apa yang di miliki oleh seorang blogger". Ujarnya.

Sebagai pengguna IT, mari kita dukung rencana ini. Saya, dan anda semua, mari kita berpartisipasi sukseskan acara tersebut. Bukankah hal ini yang telah lama kita nanti - nantikan ?


"dikutip dari berbagai sumber dan dipublikasikan oleh Mr Bho"