iklan

Hati - Hati Nokia 95 Palsu

Palsu disini bukanlah Dummy, mungkin lebih tepatnya AsPal ( asli tapi palsu ). Sekitar pertengahan tahun 2008, seorang teman menawarkan Nokia 95 dengan harga Rp 1,8 juta. Padahal saat itu harga Nokia 95 masih diatas Rp 4 juta. Teman saya ini termasuk orang yang sama sekali tidak memperdulikan masalah harga ( orang kaya:red ), karena alasan itulah sama sekali saya tidak curiga. Namun alangkah kagetnya ketika meneliti keadaan ponsel tersebut dan saya pastikan kalau ponsel tersebut bukanlah ponsel yang dikeluarkan nokia. Dilihat dari beberapa kondisi ponsel ini berasal dari China. Kalau kita tidak mengecek beberapa fitur, dapat dipastikan kita akan tertipu. Ternyata kejadian ini terulang, baru saja kemarin ( 12 Maret 2009 ) saya di hubungi seorang teman yang berbeda. Kebetulan saya diminta untuk mengecek ponsel Nokia 95 yang akan dibelinya. Dengan seksama saya teliti, ternyata sama dengan ponsel yang diatas, palsu. Cara termudah untuk mengetahui asli atau tidaknya ponsel ini bisa dibilang tidak terlalu sulit, hanya saja diperlukan sedikit pengetahuan tentang ponsel. Berikut cara - cara termudah yang dapat anda lakukan, sekedar untuk berjaga-jaga.


Secara fisik, siapapun anda pasti akan tertipu. Karena memang ponsel ini sangatlah mirip baik dari casing atau interface dan ikon menu. Beberapa langkah bisa anda lakukan untuk mengantisipasi agar tidak terjebak :
  • Ponsel ini tidak mampu melakukan video call, karena memang negara China melarang penduduknya untuk membuat ponsel berbasis 3G. Sebabnya China sedang mengembangkan sebuah jaringan yang diklaim mampu bersaing dengan 3G atau pun 3,5 G.
  • Resolusi kamera N95 palsu tertinggi adalah jenis VGA ( 640 X 480 ).
  • Check versi firmware dengan menekan *#0000# kemudian tekan telp.

Jadi sudah 2 kali saya menemukan Nokia 95 aspal. Setelah sedikit tanya-tanya ternyata ponsel itu memang didatangkan dari China dan di Indonesia sudah 200.000 unit yang telah beredar. Anda berhati- hatilah jika membeli Nokia 95 terutama dengan penawaran harga yang murah.


3 comments

Anonim delete Minggu, 15 Maret, 2009

hm.... harus benar-benar jeli nih...

Anonim delete Senin, 16 Maret, 2009

thanks infonya mas, jadi sangat berhati-hati neh kalo beli barang. khususnya handphone

aam delete Sabtu, 27 Februari, 2010

wah gue juga dapat tuh n95 aspal mereknya nckia , kalau harga asli dari chinanya berapa tuh