iklan

Telah Hadir Window 7 (Beta)


PRODUSEN software terbesar dunia Microsoft Corp pada pekan silam merilis versi percobaan (beta) dari sistem operasi baru Windows 7, yang ditujukan untuk menggantikan Windows Vista. Windows 7 Beta dapat didownload gratis di http://www.microsoft.com/windows7.
Para pengguna PC (personal computer) di dunia ternyata menyambut antusias kehadiran Windows 7 Beta. Terbukti, download membeludak dan server - server microsoftpun kewalahan. Akibatnya, Microsoft harus mematikan sementara server-server penyedia download Windows 7 Beta.


Pada pekan ini, Microsoft sudah menyediakan kembali download Windows 7 Beta. Saat ini Microsoft menggunakan lebih banyak server sehingga download diharapkan dapat berjalan lebih lancar. Microsoft pun menghapuskan pembatasan jumlah pen-download Windows 7 Beta.

Pada awalnya, Microsoft membatasi jumlah download Windows 7 Beta hanya sebanyak 2,5 juta kopi. Melihat minat terhadap Windows 7 ternyata luar biasa tinggi, Microsoft pun menghapuskan pembatasan tersebut sehingga kini terdapat lebih banyak pengguna PC yang dapat mencoba Windows 7 Beta. Peluncuran Windows 7 Beta menunjukan Microsoft hampir selesai membangun Windows 7 Final (versi akhir). Microsoft merilis Windows 7 Beta untuk menggali umpan baik dari pengguna untuk menyempurnakan Windows 7 Final. Microsoft berencana merilis Windows 7 Final paling lambat pada 2010.

Chief Executive Officer Microsoft Corp Steve Ballmer menjanjikan, Windows 7 akan berjalan lebih cepat dan lebih hemat energi dari pada Vista. Disamping itu, Windows 7 juga akan lebih ramah pengguna dan mendukung layar sentuh.

Microsoft juga menjanjikan, Windows 7 akan mampu menghapus segala kerumitan yang membelit Vista. Corporate Vice President Microsoft Corp Julie Larson Green menegaskan, Windows 7 lebih mengutamakan kenyamanan penggunaan dari pada keunggulan teknologi.

"Solusi teknis terbaik memang bagus. Namun, seperti dalam pertempuran HVS melawan Betamax, solusi teknis terbaik tidak selalu menang," ujar Larson Green.

Fitur-fitur baru Windows 7 yang diharapkan mampu meningkatkan kenyamanan komputasi antara lain taskbar baru yang mampu menampilkan preview seluruh jendela yang terbuka dari sebuah aplikasi dengan menunjuk (dengan pointer mouse) icon program tersebut.

Fitur lain pada Windows 7 disebut Jump List. Fitur itu menampilkan daftar terbaru dokumen yang baru dikerjakan dan situs-situs yang sering dikunjungi. Dengan begitu pengguna Windows 7 tidak perlu lebih dulu membuka aplikasi produktivitas seperti Word atau browser Internet Explorer.

Disamping itu, Windows 7 juga memiliki fitur bernama Libraries. Teknologi tersebut mampu otomatis mengumpulkan berbagai file serupa yang tersebar dikomputer-komputer dalam sebuah jaringan. Setelah itu, Libraries menampilkan berbagai file itu dalam sebuah folder. Dengan Libraries, pengguna Windows 7 diharapkan lebih mudah menata berbagai file seperti foto digital, yang umumnya tersebar diberbagai tampat dalam komputer.

"Orang tidak datang ke Windows untuk menggunakan Windows. Mereka datang ke Windows untuk mendapatkan apa yang ingin mereka lakukan. Tujuan windows 7 adalah membantu pengguna mendapatkan yang mereka inginkan," tutur Larson Green.

Microsoft menjanjikan pula, Windows 7 tidak akan menuntut spesifikasi hardware setinggi vista. Sehingga konsumen tidak perlu membeli komputer baru untuk menjalankan Windows 7. Untuk membuktikannya, Senior Vice President Windows Group Microsoft Corp Steven Sinofsky menjalankan Windows 7 pada sebuah netbook.

Netbook adalah notebook mini yang memiliki tenaga komputasi rendah. Dengan tenaga komputasi yang pas-pasan, netbook tentu kesulitan menjalankan Vista. Namun, Sinofsky menyatakan, netbook tersebut mampu menjalankan Windows 7 secara sempurna.

Disamping membutuhkan memori lebih kecil daripada Vista, menambahkan, Windows 7 juga memberikan pilihan lebih banyak kepada pengguna untuk mengelola sekuriti.

SYARAT MINIMUM WINDOWS 7 :


  • Prosesor berkecepatan minimum 1GHz 32-bit atau 64-bit


  • Memori (RAM) minimum 1GB


  • Ruang Harddisk minimum 16 GB


  • Memori grafis 128 MB direct X9 untuk Aero


  • DVD-R/W

  • CATATAN :
    Windows 7 Beta kadaluarsa pada tanggal 1 Agustus 2009