iklan

Tips Populerkan Web / Blog

Banyak hal yang bisa kita lakukan di internet. Fokus pada web / blog, tidak sedikit yang mengalami masalah baik dalam desain atau pun domain hosting. Namun ada beberapa langkah agar tujuan kita membangun web / blog bisa terpenuhi (syukur-syukur tidak terlalu lama sudah BEP). Sebelumnya, perlu anda ketahui bahwa dalam menggunakan tips - tips ini anda sama sekali tidak dikenakan biaya, berikut tips - tipsnya :

  • KENALI TUJUAN
    Sebelum membangun sebuah web / blog, sebaiknya fokuskan pikiran anda terhadap tujuan anda membangun web / blog. Mulai dari nama yang akan digunakan sampai pemilihan domain. Beberapa pengalaman blogger banyak mengalami masalah dalam pemilihan sebuah nama. Usahakan nama yang anda gunakan mudah di ingat, paling tidak mengacu pada konten web / blog anda. Ini bermanfaat bagi pengunjung yang sering lupa Bookmark.

  • GUNAKAN SEARCH ENGINE
    Setelah web / blog di luncurkan, langkah selanjutnya adalah mempopulerkannya. Ini bisa dicapai dengan cara promosi. Kemudian tambahkan alamat web / blog anda di mesin pencari sepeerti GOOGLE atau YAHOO, karena 2 mesin ini yang paling banyak digunakan saat ini. Untuk penambahan ini anda sama sekali tidak dikenakan biaya (GRATIS) oleh GOOGLE ataupun YAHOO. Untuk GOOGLE bisa langsung menuju ke www.google.com/addurl/ atau klik disini dan untuk YAHOO bisa di https://siteexplorer.search.yahoo.com/submit atau bisa klik disini. Anda harus bersabar kapan saatnya web / blog anda ter-index di search engine. Bisa 2-3 hari bahkan lebih. Berdasarkan pengalaman blog ini lebih dari 10 hari baru bisa ter-index di GOOGLE. Tapi anda harus melakukan ini, jika tidak, web / blog anda akan lebih lama ter-index karena kita tahu pengunjung yang datang biasanya 70% berasal dari search engine.

  • GUNAKAN LINK
    Lakukan link ke alamat web / blog yang mempunyai PageRank yang tinggi (syukur-syukur di link balik). Sewaktu blog ini belum ter-index di GOOGLE, GOOGLE tidak dapat menampilkan hasil pencarian berdasarkan keyword blog ini namun setelah saya melakukan link ke blog tetangga, GOOGLE dapat menampilkannya walaupun dengan MASK blog tetangga tersebut.

  • IKUTI PROGRAM REFFERAL
    Fungsinya tidak jauh berbeda dengan LINK backs, hanya saja kita bisa mendatangkan uang dari cara ini. Banyak sekali program - program seperti ini yang sejenis diantaranya :Kumpul Blogger (tempat ngumpulnya blogger, tercatat saat ini lebih dari 28000 blogger yang ngumpul), bisa klik disini, ZIDDU(hosting file yang mendatangkan uang jika file kita di download orang lain), bisa klik disini, GOOGLE ADSENSE (mendatangkan uang dengan menayangkan iklan), bisa klik disini, Tempat ngumpul para Blogger DISINI dan masih banyak lagi. sekarang juga sudah banyak forum - forum di internet yang membahas program - program tersebut. Jadi jangan takut untuk mencoba karena bisa dibilang dengan mengikuti program - prigram ini " satu Dayung 2-3 Pulau Terlampaui".

  • Satu hal lagi yang penting, kepopuleran web / blog anda dapat bertahan dengan memaksimalkan penayangan konten. Biasanya pengunjung tak kan kembali jika web / blog terlalu lama loading. Untuk menangani hal ini, anda bisa mengukur seberapa berat web / blog anda, dengan menggunakan tool gratis yang banyak disediakan di internet, diantaranya :

  1. PINGDOM
    Di PINGDOM, anda bisa melihat jenjang waktu untuk loading per objek dalam wb / blog anda. Yang anda lakukan hanya memasukan alamat web / blog anda, PINGDOM akan memaparkannya secara detail. Klik disini untuk ke PINGDOM


  2. WEBSITE OPTIMZATION
    Serupa dengan PINDOM, namun WEB OPTIMIZATION memberikan analisa dan rekomendasi bagaimana cara agar web /blog kita hanya butuh sedikit waktu untuk loading.


Terlepas dari PINGDOM dan WEB OPTIMIZATION, semua terserah anda. Namun saran saya adalah ingat - ingat bahwa selain tamu, pengunjung juga merupakan raja. Terlebih jika web / blog kita merupakan toko online.