iklan

Konsumen Cerdas Kamu ??

konsumen cerdas

Kita mungkin tidak mengetahui apakah sudah termasuk ke dalam golongan konsumen yang cerdas atau belum ? Bahkan tidak sedikit juga dari sebgaian orang tidak begitu perduli memandang seberapa penting menjadi konsumen cerdas itu. Mari kita lihat apakah kita termasuk kepada konsumen cerdas itu, dan seberapa besar manfaat yang kita dapatkan dengan menjadi konsumen cerdas.

Konsumen

Menurut perpustakaan internet yaitu wikipedia, Konsumen adalah setiapa orang pemakai barang atau jasa yang tersedia, baik untuk kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lan, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan.

Jika dipahami secara mendalam dari keterangan diatas, berarti setiap makhluk hidup yang menggunakan barang atau jasa adalah termasuk konsumen. Secara sederhananya adalah pemakai. Hal ini pula yang menjelaskan perbedaan antara pengecer atau distributor yang aktifitasnya adalah menyalurkan barang atau jasa dan bukan pemakai.

Namun memang ada kalanya seorang pengecer, distributor juga bertindak sebagai konsumen, hal tersebut disebabkan karena ada pemakaian barang yg terjadi. Pasti sudah jelas dong apa itu konsumen ? Sudah tahu berada pada posisi konsumen atau pengecer kan !!

Konsumen Cerdas

Nah setelah memahami apa itu konsumen, kita masuk ke konsumen cerdas. Jika kalimat konsumen cerdas dipisahkan, maka ada kata cerdas yang memiliki makna pandai memilah dan meneyesuaikan. Jadi, maksud dari konsumen cerdas adalah setiap pemakai barang atau jasa yang mampu melakukan penyesuaian terhadap kebutuhan dan pandai memilah barang atau jasa mana yang layak untuk digunakan.

Biasanya pemilahan atau pemilihan barang/jasa dipengaruhi oleh besar kecilnya harga yang harus dibayarkan. Hal ini memang sudah menjadi rahasia umum bahwa selalu saja kita menginginkan barang/jasa bagus namun dengan harga semurah-murahnya. Termasuk saya sendiri pun demikian adanya. Barang bagus, harga murah.

Dari pernyataan diatas sudah dapat dipastikan bahwa menjadi konsumen cerdas merupakan hal yang manusiawi dan memang sangat diperlukan karena dengan menjadi konsumen cerdas manfaatnya adalah keahlian strategi dalam mendapatkan barang murah, barang murah yg bagus tentunya. Biasanya kalau elektornik itu harus ada buku manual petunjuk dan garansi. Tentuny efek langsung konsumen cerdas adalah penghematan terhadap pengeluaran, dan yang mesti diingat pula bahwa belilah barang/jasa sesuai dengan kebutuhan. Sekiranya kita bisa menentukan skala prioritas dalam hal tersebut.

Menjadi konsumen cerdas memilik efek yang sangat positif untuk diri sendiri, dengan begitu secara tidak langsung akan berdampak baik juga untuk orang lain. Selamat menjadi konsumen cerdas dan mulailah semua dari diri sendiri.